Resep Serabi Telor Mini


Bermula ketika mampir di sebuah toko barang pecah belah untuk membeli selusin cangkir. Berbagai perlengkapan rumah tangga begitu lengkapnya sampai alat untuk membuat kue pun ada. Saat ku lagi lihat-lihat barang, aku menemukan satu barang yang sudah lama ingin aku beli. Kalian tahu itu apa? barang itu adalah cetakan serabi yg berukuran tidak begitu besar, dalam satu cetakan serabi itu terdapat tujuh lubang.
Aku langsung membelinya dan harganya cukup murah. Setelah berbuka puasa tiba, aku mencoba membuat resep sendiri serabi telur ala aku, heee..
ternyata gampang sekali dan rasanya weenak, 11, 12 lah dengan serabi yang biasa aku beli yang biasa lewat di depan rumah.

Untuk resepnya adalah sebagai berikut:

Bahan:
-Tepung beras (boleh dicampur tepung terigu atau bisa dengan tepung kanji)
-Santan
-Telur
-penyedap rasa (disini aku pakai sasa secukupnya)
-garam
-daun bawang (jika suka/sesuai selera)
-Air (jika perlu, tapi jika ingin lebih sip cukup dengan air santan saja)
-Minyak goreng (bisa juga menggunakan mentega, sesuai selera)
-Saus tomat

Cara membuat:
kocok telur kemudian sisihkan sebagian di wadah lain. campurkan sebagian kocokan telur dengan tepung, garam, penyedap rasa, daun bawang kemudian aduk sambil dicampukan santan atau air sampai adonan encer (encernya hampir seperti air susu). Setelah diaduk sampai rata, siapkan cetakan di kompor tunggu sampai panas. masukan minyak goreng sedikit ke dalam lubang-lubang cetakan, lalu masukan adonan ke dalam lubang-lubang cetakan sampai penuh, lalu tambahkan sesendok kecil telur yg sudah dikocok sebagian tadi di atas serabi lalu tutup cetakan agar cepat matang. Sambil menunggu matang sesekali di balik serabinya agar tidak gosong. Tunggu sampai matang.
Hidangkan, sajikan dengan saus tomat.

(foto nyusul yee... hee lupa tadi ane bikin lupa di jepret)


Komentar