“PARTISIPASI PEREMPUAN – BUKTI EKSISTENSI KAUM HAWA”


Desa Grobog Wetan adalah salah satu desa di kecamatan Pangkah yang mendapatkan bantuan dana PNPM-MP sejak tahun 2007, sejak itulah pembangunan mulai dirasakan oleh warga desa Grobog Wetan terutama warga miskin. Kepercayaan masyarakat terhadap Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Barokah Desa Grobog Wetan yang dikoordinatori oleh Bapak Munasik S.Pd dalam menjalankan programnya lebih mengedepankan kepentingan warga miskin.
Dukungan pemerintah desa sangat besar dalam menunjang pelaksanaan program yang disepakati bersama antara BKM Barokah dengan Pemerintah desa. Kepala desa (Bpk Zaenal Arifin) berkata “Pemerintah desa merasa sangat terbantu dengan adanya PNPM-MP terutama dalam hal pembangunan baik diinfrastruktur maupun non infrastruktur”.
Dukungan tersebut dibuktikan dengan adanya swadaya masyarakat baik yang berupa materi, tenaga dan pikiran. Kekompakan inilah yang membuat pembangunan di desa Grobog Wetan ini menjadi lancar dan hasilnya cukup memuaskan.Pada umumnya kaum perempuan selalu selalu dimarginalkan dalam setiap kegiatan, baik dalam menentukan kebijakan, Perencanaan maupun dalam pelaksanaan. Perempuan dianggap tidak mampu menentukan sikap, tidak punya program dan lain sebagainya. Pada intinya perempuan ditempatkan hanya sebagai ibu rumah tangga yang hanya duduk manis dirumah.
Namun demikian di desa Grobog wetan perempuan bisa membuktikan bahwa dirinya mampu berbuat seperti kaum adam, mampu berpartisipasi dalam pembangunan di desanya. Mereka menunjukan bahwa pembangunan lingkungan bukan saja kegiatan yang bisa dilakukan oleh laki-laki tapi perempuan juga bisa menyumbangkan tenaganya.
Ini bukti bahwa di desa Grobog Wetan sudah mulai tumbuh adanya kesadaran tentang kesetaraan “Gender” adanya kesamaan hak dan kesamaan kewajiban dalam rangka pembangunan infrastrutur maupun non infrastruktur.
“Dengan adanya kegiatan pavingisasi kini mereka dapat tersenyum senang dan tidak akan takut lagi saat hujan turun, jalan yang becek saat hujan turun kini telah di sulap menjadi jalan yang tertata rapi dan indah, terlihat dari gambar di atas antusias kaum perempuan menunjukkan bahwa mereka sangat senang dengan kegiatan paving demi perbaikan jalan di lingkungan tempat tinggal mereka.”

Informasi Lebih Lanjut Tentang Kegiatan Dapat Menghubungi : 
Nama BKM : BAROKAH
Alamat : Desa Grobog Wetan, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal
Nama Koordinator : Munasik, S.Pd
Nama KSM : KSM Mawar VIII
Alamat : RT 2 RW VI Grobog Wetan Kec. Pangkah
Ketua : Son Haji
Penulis : Suhermatnto, ST
No Register : 3328 – 047
Fasilitator Teknik TIM 04
PNPM Mandiri Perkotaan Kabupaten Tegal

Komentar