BROWNIES KUKUS

Brownies Kukus


Brownies kukus yang satu ini memang benar-benar lembut dan lezat, rasa coklatnya yang nendang membuatnya tidak kalah dengan versi yang dipanggang. Tidak heran, kue ini menjadi oleh-oleh yang disasar jika kita pergi ke Bandung. Beberapa merk terkenal seperti Amanda, biasanya yang menjadi andalan pengunjung. Padahal membuatnya sendiri di rumah tidak sulit, bahkan masuk ke dalam kategori jenis cake yang mudah dibuat. Saya katakan cake, karena menurut saya brownies kukus ini tidak bisa dimasukkan ke dalam kategori brownie karena teksturnya yang lembut dan mengembang sebagaimana tekstur cake umumnya.



Menurut Wikipedia, brownie merupakan sejenis kue yang berbentuk segi-empat atau batangan yang diperkenalkan pertama kali di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan merupakan jenis kue yang sangat populer di US maupun Kanada hingga pertengahan abad ke-20. Brownie merupakan kue yang kaya akan coklat, dimana teksturnya merupakan perpaduan antara cake dan cookies. Tampil dengan aneka bentuk dan kandungan bahan, membuat brownie kadang-kadang memiliki tekstur kearah cake (cakey) atau liat dan legit dengan rasa yang sangat manis (fudgy). Biasanya brownie juga berisi cincangan kacang, chocolate chips dan dihiasi dengan frosting atauwhipped cream.  
  

Karena komposisi coklat bubuknya yang tinggi, usahakan untuk menggunakan coklat bubuk dengan kualitas yang baik untuk menghasilkan cake yang lezat, kaya akan coklat namun tidak pahit. Minyak sayurnya bisa anda ganti dengan mentega cair jika menginginkan brownies yang lebih lembut dan berminyak. Atau gunakan minyak canola/zaitun agar brownies kukus anda menjadi lebih sehat. Cake ini dikukus secara berlapis untuk menghasilkan aksen garis gelap di tengah. Walaupun harus saya akui, garis yang saya buat cukup amburadul bentuknya :). Jika tidak mau ribet, anda bisaskip bagian tersebut dan langsung saja mengukusnya secara sekaligus. 

Resepnya saya ambil dari buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati, yang banyak menyajikan resep-resep cake lezat baik yang dipanggang maupun kukus. Berikut resepnya ya.  



Brownies Kukus
Resep diadaptasikan dari buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati by Chendawati - Brownies Kukus

Untuk 1 loyang loaf: Saya menggunakan 1/3 resep di bawah

Bahan-bahan:

Bahan I :
- 12 butir telur suhu kamar (saya pakai 4 butir)
- 450 gram gula pasir (saya pakai 150 gr)
- 20 gram ovalet (saya pakai 7 gr)
- 1 sendok teh vanili ekstrak atau 1/4 sendok teh vanili bubuk

Bahan II: Campur & Ayak
- 250 gram tepung terigu serba guna, saya menggunakan merk Segitiga Biru. (saya pakai 85 gram)
- 100 gram coklat bubuk, cari yang kualitasnya baik (saya pakai 35 gram)
- 1 sendok teh baking powder, pastikan fresh (saya pakai 1/2 sendok teh)

Bahan III: Lelehkan dengan cara di tim
- 350 ml minyak sayur (saya pakai 120 ml)
- 200 gram coklat masak blok (saya pakai 70 gram)

Bahan IV:
- 150 ml susu kental manis (saya pakai 60 ml)

Cara membuat:
Siapkan loyang, saya menggunakan loyang loaf untuk roti, olesi dengan mentega dan taburi tepung terigu, atau kertas roti pada permukaannya. Sisihkan.

Lelehkan bahan III dengan cara di tim, gunakan api kecil saja dan jika air telah panas matikan kompor, yang kita perlukan hanya agar coklat meleleh saja bukan mendidih. Aduk-aduk hingga menjadi adonan yang tercampur rata dan biarkan hingga agak mendingin sebelum digunakan untuk dicampurkan dengan adonan.


Siapkan mangkuk mixer, masukkan bahan I, kocok dengan speed rendah hingga bahan tercampur kemudian ganti dengan kecepatan tinggi dan kocok hingga adonan mengembang, kental dan berwarna putih. 


Kurangi kecepatan mixer menjadi paling rendah, masukkan bahan II, sedikit demi sedikit hingga tercampur rata. Masukkan bahan III, dan kocok hingga rata. Matikan mixer. Anda juga bisa mengaduknya dengan spatula secara perlahan. Perhatikan bagian dasar mangkuk mixer, biasanya minyak suka mengendap di dasar, karena itu pastikan tercampur tetapi tidak berlebihan dalam mengaduk adonan agar cake tidak bantat. 


Sisihkan kira-kira 200 gram adonan, masukkan ke mangkuk kecil dan campur dengan susu kental manis, aduk rata. 


Masukkan 1/2 adonan cake ke dalam loyang yang telah disiapkan. Letakkan dandang kukusan yang telah diisi dengan air yang agak banyak. Panaskan hingga mendidih menggunakan api sedang. Masukkan loyang beisi adonan ke dalam kukusan, tutup permukaan kukusan dengan kain serbet yang mampu menyerap air. Tutup rapat dengan penutup kukusan. Kukus selama 10 menit.


Buka kukusan, tuangkan adonan susu kental manis ke atas cake, ratakan dengan spatula. Tutup dan kukus kembali selama 10 menit. Kemudian tuangkan sisa adonan cake ke loyang, kukus kembali selama 30 menit, hingga cake matang. Tes dengan tusuk gigi/lidi untuk memastikan cake benar-benar telah matang. Angkat, biarkan sejenak + 5 menit. Balikkan cake ke piring datar dan dinginkan. 


Potong-potong brownies jika benar-benar telah dingin dan cake siap disajikan. Nyamm!

Source:
Buku - 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati by Chendawati - Brownies Kukus
Wikipedia - Chocolate brownie


Komentar