TIPS CANTIK ALA ISLAM

Cantik identik dengan wanita, dan semua wanita pasti ingin selalu tampil cantik. Dewasa ini, berbagai produk kecantikan dan salon sudah merambah hampir di seluruh setiap penjuru dunia. Hal ini sebenarnya bukan masalah, karena berpenampilan cantik dan menarik merupakan salah satu wujud syukur kita terhadap anugerah Alloh. Namun ternyata Islam telah mengatur tips tersendiri agar kita bisa selalu tampil cantik. Ya, tips kecantikan ala Islam tersebut lebih menonjolkan pada kecantikan dari dalam, yang biasa kita kenal dengan sebutan inner beauty.
Ibnu Abbas berkata: “Sesungguhnya amal kebaikan itu akan memancarkan cahaya di dalam hati, membersitkan sinar pada wajah, kekuatan pada tubuh, kelimpahan dalam rizki dan menumbuhkan rasa cinta di hati manusia kepadanya. Sesungguhnya amal kejahatan itu akan menggelapkan hati, menyuramkan wajah, melemahkan badan, mengurangkan rizki dan menimbulkan rasa benci di hati manusia kepadanya.” (Tafsir Ibnu Katsir (IV/204)).
Nah, ternyata rahasia kecantikan kita itu juga tersimpan dalam hati di alam dunia ini. Dan akan tampak pada raut muka yang dapat dilihat oleh orang yang memiliki firasat yang tajam. Pada hari kiamat nanti semuanya akan tampak nyata yang dapat dilihat oleh setiap orang dengan mata kepala mereka. Alloh berfirman:
”Pada hari yang diwaktu ada muka yang putih berseri, dan ada pula muka yang hitam muram.” (Ali Imran: 106)
Dalam ayat lain Allah berfirman:
“Dan pada hari Kiamat kamu akan melihat orang-orang yang berbuat dusta terhadap Alloh, mukanya menjadi hitam.” (Az-Zumar:60)
Allah juga berfirman:
“Banyak muka pada hari itu berseri-seri, tertawa dan gembira ria, dan banyak(pula) muka pada hari itu tertutup debu, dan ditutup lagi oleh kegelapan. Mereka itulah orang-orang kafir lagi durhaka.” (‘Abasa:38-42)
Dalam hadits Rasulullah saw bersabda :
“Rombongan pertama yang masuk syurga wajah mereka bagaikan bulan purnama. Rombongan berikutnya bagaikan bintang dilangit yang paling terang cahayanya.'' (HR. Al-Bukhori, Muslim, At-Tirmidzi)
Hadits-hadits yang senada dengan ini sangat banyak sekali, yaitu tentang keadaan wajah ahli sa’adah (orang yang berbahagia) yang cantik, anggun, elok, dan berseri-seri, serta keadaan wajah ahli syaqawah (orang-orang yang celaka) yang jelek, muram, awut-awutan. Tanda yang paling menonjol tampak pada wajah adalah kejujuran dan kebohongan.
Berikut tips cantik yang ditawarkan oleh Islam. Agar wajah selalu segar, berseri-seri, dan cantik. Cucilah wakah minimal 5 kali sehari yaitu dengan air wudhu. Jangan langsung dikeringkan oleh handuk, biarkan menetes dan kering sendiri. Lalu ambillah sajadah, shalat, berdikir, berdoa.
Untuk menghilangkan stress, salah satu penyebab kerut di wajah, perbanyaklah ‘olah raga’. Jika tidak ada waktu untuk pergi ke studio fitness, spot-gym, dll, cukup dengan memperbanyak sholat. Dengan sholat berarti kita menggerakan seluruh tubuh. Konsultasikan semua keluh kesah kita pada Zat Yang Maha Tahu - Allah SWT dengan dzikir dan doa.
Untuk pelembab, agar awet muda, gunakanlah senyum. Tidak hanya di bibir tapi di hati juga. Tidak lupa membisikan ‘kata kunci’ “Allahuma kamma hassanta khalgii fahassin khulqii” “Ya Allah sebagaimana engkau telah memperindah kejadianku, maka perindah pula ahlak-ku” (HR Ahmad).
Untuk mendapatkan bibir cantik, bisikan kalimat-kalimat Allah, tidak berkata bohong, atau menyakiti hati orang lain, tidak dipakai menyombongkan diri atau takabur.
Agar tubuh langsing, singset dan mulus, lakukan diet yang teratur yaitu dengan berpuasa seminggu 2 kali, Senin dan Kamis. Jika kuat, lebih bagus lagi berpuasa seperti nabi Daud AS. Makanlah makanan halal, perbanyak sayuran, buah-buahan, air putih.
Untuk mengembangkan diri, sebarkan salam dan sapaan. Dengan demikian kita akan banyak dikenal dan disayangi.
Yuk kita sama-sama merawat dan memperbaiki diri agar kita selalu tampil cantik!!! Insya Alloh tips ini bisa membuat kita tambah cantik, terutama di hadapan Yang Maha Indah...^_^

Komentar