PENERAPAN BUDAYA POSITIF DALAM KEYAKINAN KELAS
DI KELAS 2 SDN KALIKANGKUNG 01
Oleh: Fiyya Umniyyati, S.Pd, Guru SDN Kalikangkung 01
CGP Angkatan 4 Kabupaten Tegal
A. Latar Belakang
Sekolah merupakan tempat sarana pembentukan karakter maka seyogyanya guru bertugas untuk menciptakan pendidikan yang berkarakter dengan melakukan pembiasaan budaya positif oleh setiap warga sekolah yang mengakar kuat menjadi sebuah kegiatan dimana budaya positif dilakukan secara berkesinambungan dan sadar oleh setiap warga sekolah semua pihak juga harus terlibat agar terwujudnya budaya positif sekolah yang kita inginkan.
B. Tujuan
Tujuan dari Aksi Nyata Penerapan budaya positif dengan keyakinan kelas 2 SDN Kalikangkung 01 ini adalah:
1. Menumbuhkan budaya positif dengan keyakinan kelas
2. Menumbuhkan motivasi intrinsik siswa
C. Tolak Ukur
1. Siswa mampu menyusun keyakinan kelas dan dipajang di dinding kelas.
2. Munculnya motivasi intrinsic melalui budaya positif dengan keyakinan kelas di lingkungan sekolah.
D. Linimasa Tindakan yang Akan Dilakukan
Adapun rincian dari tindakan aksi nyata yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:
MINGGU I
Meminta izin dan dukungan kepada Kepala Sekolah terkait aksi nyata yang akan dilakukan
MINGGU II
Mensosialisasikan kepada rekan-rekan guru dan siswa tentang kegiatan aksi nyata
MINGGU III
Membimbing siswa dalam penerapan aksi nyata
MINGGU IV
Menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan yang menjadi keyakinan kelas dalam aksi nyata menjadi pembiasaan budaya positif di sekolah
E. Dukungan yang Dibutuhkan
Untuk kelancaran dari tindakan aksi nyata yang dilakukan terkait Penerapan budaya positif dengan keyakinan kelas pada murid di SDN Kalikangkung 01 ini tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, yaitu kepala sekolah, rekan-rekan guru, murid, wali murid, serta sarana dan prasarana yang ada di sekolah.
F. Hasil Aksi Nyata
Adapaun hasil aksi nyata dari kegiatan tersebut adalah:
1. Murid berdisiplin dalam mengikuti pembelajaran, tetapi tetap nyaman dan merasa aman.
2. Murid menunjukkan sikap religius dengan selalu rajin berdoa setiap akan memulai kegiatan.
3. Murid menunjukkan sikap saling menghargai dan sopan.
4. Murid menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan (suku, agama, RAS, ciri fisik, gender, dll) serta saling membantu dalam kebaikan.
5. Murid bersegera mengumpulkan tugas sesuai waktu yang ditentukan.
6. Poster Kesepakatan Kelas tentang Budaya Positif di Ruang kelas
7. Poster menjadi sarana membentuk Budaya Disiplin yang disepakai seluruh murid dalam kelas.
G. Kegagalan dan Keberhasilan
1. KEGAGALAN
Motivasi instrinsik dari beberapa siswa untuk sadar dan tergerak sendiri dalam melakukan pembiasaan-pembiasaan pada kegiatan aksi nyata.
2. KEBERHASILAN
Mampu menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan pada siswa sehingga menjadi sebuah pembiasaan dan akhirnya menjadi budaya positif, bukan hanya di lingkungna sekolah tetapi juga di lingkungan masyarakat.
H. Rencana Perbaikan di Masa Mendatang
Terus menggerakan rekan-rekan guru untuk menerapkan posisi kontrol dalam menumbuhkan motivasi instrinsik siswa dan menciptakan budaya positif di sekolah serta terus membangun kolaborasi demi terwujudnya budaya positif.
DOKUMENTASI KEGIATAN
LINK VIDEO DISEMINASI AKSI NYATA MODUL 1.1 DAN 1.4
https://www.youtube.com/watch?v=yOPuWypqn2g
LINK VIDEO AKSI NYATA MODUL 1.1
https://www.youtube.com/watch?v=TuVMXxkr4-c&t=3s
LINK VIDEO AKSI NYATA MODUL 1.4
https://www.youtube.com/watch?v=MEn8qr_C5Ck
Komentar
Posting Komentar