Menghindari Stres


Dalam hidup  ini pernahkan merasakan tekanan atau yang biasa disebut dengan "stess". begitu banyak persoalan hidup yang menumpuk sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari yang menjadikan tidak semangat dan malas beraktifitas. stress sangat berpengaruh pada pekerjaan kita, saat kita stress tingkah laku kita menjadi tidak seimbang yang menyebabkan rasa "bad mood" dapat mempengaruhi komunikasi terhadap lingkungan pekerjaan menjadi tidak stabil. Contohnya ketika kita sedang berbincang pada teman kita bisa saja tidak bisa menjadi pendengar yang baik, saat teman bercanda dengan kita, kita bisa saja menganggap bahwa candaannya "garing" dan menyinggung perasaan padahal teman kita tidak bermaksud menyinggung atau membuat hati kita tidak senang. tekanan atau stress sebenarnya dapat kita hindari jika perasaan kita selalu nyaman.

Berikut ada beberapa tips untuk menghindari dan menghilangkan stress, antara lain:


1. Positif Dalam Segala Hal


Cara paling awal untuk menghindari stress menyerang hidup Anda adalah dengan berusaha berpikiran positif. Hal ini memang tak selalu mudah tetapi semakin lama Anda akan semakin terbiasa. Pikiran yang postif akan menenangkan jiwa sehingga sekeras apapun benturan dari luar, Anda akan tetap terproteksi. Pikiran positive juga akan membuat Anda tenang dalam menghadapi masalah. Sementara itu, pikiran negative hanya akan memicu prasangka, rasa cemas yang berlebihan, rasa takut dan sebagainya. Sehingga ketika ada tekanan dari luar, stress dengan mudah menggerogoti Anda. 



2. Terapkan Pola Hidup Sehat


Menerapkan pola hidup sehat merupakan cara menghindari stress yang cukup ampuh. Sehat bukan hanya mencakup pola konsumsi tetapi juga mencakup hal lain misalnya kebiasaan sehari-hari. Biasakan untuk bangun sepagi mungkin, sebab udara pagi mengandung oksigen sehat yang banyak dipercaya menyegarkan tubuh dan juga pikiran sepanjang hari. Jika Anda seorang pekerja, sekali dalam seminggu luangkanlah waktu hanya untuk diri Anda dengan melakoni hobi yang Anda sukai. Dengan demikian keseimbangan pikiran dan hidup akan Anda raih. Untuk kuliner, hindari makanan yang berpotensi mengganggu kesehatan. Namun, sekali-kali Anda juga bisa memberi “hadiah” pada diri Anda sendiri dengan menyantap makanan nikmat sesuai selera. Perbanyak sayur dan juga buah sebab dipercaya meregenerasi otak. Selain itu, masukkanlah olahraga dalam jadwal kegiatan Anda sehari-hari. Olahraga mampu melepas beberapa hormon yang bisa membuat Anda lebih bahagia, segar juga bugar. Olahraga juga sangat ampuh memperbaiki kualitas tidur Anda. Dengan demikian, stress tidak akan mengintai.



3. Mendekatkan Diri Pada Tuhan Menjauhkan Stress



Banyak ahli kejiwaan yang menyebut doa sebagai sebuah sugesti yang baik dalam membina mental seseorang. Dengan banyak berdoa, sesungguhnya kita sedang berkomunikasi, tak hanya dengan Tuhan tetapi pada diri kita sendiri. Karena itu, banyak berdoa merupakan salah satu cara menghindari stress yang baik. Kedekatan pada Tuhan merupakan benteng yang kokoh untuk menjauhkan seseorang dari stress akibat tekanan hidup. Biasanya, seseorang yang menempatkan Tuhan dalam hidupnya jauh lebih tenang dalam menghadapi sebuah persoalan. Sehingga sekeras apapun tekanan, tidak akan membuat ia jatuh. Sedangkan kedekatan pada diri sendiri merupakan hal yang positif sebab kita bisa mengetahui lebih baik lagi, seperti apa hidup yang akan kita jalankan. Karena itu, perbanyaklah berdoa!



Semoga bermanfaat ya..!!

Komentar